Sabtu, 27 Agustus 2016

Jawaban : Misteri motor Bang Jarwo dalam kartun Adit & Sopo Jarwo


Menebak motor apa yang menjadi model dalam film kartun Sopo Jaro gampang gampang susah. Tidak ada satu motor pun yang sama persis dengan motor yang ada di kartun tersebut. Berarti motor dalam film tersebut adalah sebuah motor modifikasi supaya tidak mengarah pada promosi sebuah merek.


Kebetulan bulan puasa yang lalu ada event di Mall Grand Galaxy yang menampilkan gambaran asli motor bang Jarwo yang tentu saja menjadi property resmi film Adit & Sopo Jarwo. Jelas sekali kalo motor yang ingin digambarkan adalah motor klasik yang berotot dan powerfull yang sanggup menanggung beban penunggangnya.

Sekilas rangka digunakan adalah rangka punya Honda S 90 yang beredar di Indonesia sekitar tahun 1967 sampai dengan 1970an. Dari rangka tengah selas sekali terpampang angka 90an dan bentuk tangkinya memang masih bawaan aslinya.




Tapi ada yang aneh dengan mesinnya. Dari jauh terlihat seperti mesin tegak milik Honda CB ke atas. Diamati lebih dekat jelas terlihat tulisan CDI yang menandakan mesin motor tersebut daari generasi modern. namun setelah dipelototi lagi lah....ternyata hanya dummy alias pasangan saja, Mesinnya masih rebah sama seperti motor C90. Pemasangan silider head tersebut bertujuan untuk membuat penampilannya seperti motor yang punya cc besar sama seperti di filmnya yang punya mesin tegak.

Beberapa aksesoris lainnya juga dicomot dari CB series yang memang tahun pembuatannya tidak jauh dari S 90.Jog dibuat lebih panjang, lampu dan spion bulat dipertahankan termasuk model kaki kaki dan spakbor.

Pada tangki label Honda diganti dengan huruf JS yang mungkin singkatan Jarwo Sopo atau yang singkatan yang lain. Kelir warna merah kombinasi putih dipadu dengan krom membuat motor bang Jarwo semakin elegan. Kereeennn....





Tidak ada komentar:

Posting Komentar