Selasa, 16 Agustus 2016

Yamaha RS 100 1977


Banyak orang jaman sekarang tertarik memiliki motor klasik karena terkenang masa kecil ketika orang tua memiliki motor yang sama. Kenangan itu kemudian diteruskan dengan mengkoleksi motor yang sama. Bagi yang memiliki masa kecil dikisaran tahun 70an. Motor batangan produksi Yamaha ini dulu menjadi kebanggaan orang tua, salah satunya adalah Yamaha RS100 yang diproduksi sekitar tahun 1977.


Generasi penerus Yamaha L2 inilah yang juga menjadi cikal bakal lahir nya Yamaha RX 100 yang kemudian menjadi RX King yang legendaris. RS 100 dibelaki mesin 2tak  100cc yang sangat ekonomis namun cukup bertenaga dengan power 9,3 PS @ 6000 rpm dan torsi 1.03 kgf.m @ 4000rpm. Mesin yang memiliki rasio kompresi 9,3 : 1 dan transmisi 4 speed ini mampu diajak lari hingga kecepatan 105 km/jam.

Sama seperti motor pada jamannya, frame Yamaha RS 100 ini masih menggunakan underbone steel tube dan suspensi telescopic. Remnya pun masih model jadul dengan model drum. Kapasitas tangkinya cukup kecil untuk ukuran motor sekarang hanya 5,4 liter.



Pada masa itu Yamaha RS 100 ini cukup ganteng dan bersaing dengan Honda CB yang menggunakan mesin 4tak. Model lampu bulat dipadu bentuk tangki lonjong mirip mirip dengan Honda CB. Spakbor warna crom membuat tampilannya sangat klasik. 

Kelebihan motor ini dibanding motor CB tentu saja pada tarikan 2 tak nya yang membuatnya sangat lincah sulit diimbangi oleh motor 4 tak.

Saat ini cukup sulit mendapatkan motor ini. Kondisi 70% seperti yang nampak dalam artikel ini pun sudah bagus. Sama seperti motor atau mobil klasik keberadaan spare part akan menjadi tantangan tersendiri untuk membangun ulang menjadi cantik lagi. Rasanya dengan sedikit restorasi akan menjadikan motor ini sangat menarik.


sumber : blackcat200.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar