Minggu, 08 Januari 2017

Holden Torana LJ Series 1972


Mobil ini tak bisa lepas dari sejarah keberadaan taxi di Indonesia dan perjalanan Blue Bird. Holden Torana menjadi Taxi pertama yang dioperasionalkan Blue Bird pada tahun 1972. Mobil ini banyak dipakai untuk melayani jurnalis asing ketika mereka berada di Jakarta.

Holden Torana LJ Series lansiran tahun 1972 yang diproduksi General Motors-Holden asal Australia. Nama Torana diambil dari bahasa suku Aborigin yang artinya "untuk terbang". Holden memproduksi Torana dari 1970an dari prabriknya yang berada di Australia. 

Holden Torana ini berkelir biru telor asin khas Blue Bird dengan grill aksen krom terlihat jaring yang besar, bingkai lampu kotak dan di pintu tidak ketinggalan logo Blue Bird secara kasat mata terlihat manis.

Torana dibekali mesin berkapasitas 2.834cc dengan konfigurasi enam slinder didukung tiga karburator yang dapat menyemprotkan tenaga 200 dk dengan transmisi empat percepatan, Dengan mesin cukup besar Torana termasuk mobil yang paling kencang dijamannya.




Blue Bird menyumbangkan mobil ini untuk museum transportasi yang berada di Taman Mini Indonesia Indah. Blue Bird merupakan taxi pertama di Indonesia yang menggunakan argometer yang operasional pertamanya diresmikan oleh pak Ali Sadikin, gubernur DKI dimasa itu.

sumber : camargus.comotomotifnet.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar