Sabtu, 14 Januari 2017

Enfield 8000 1976


Berawal dari keprihatin atas krisis minyak yang terjadi dimasa itu, seorang jutawan Yunani Giannis Goulandris, melalui perusahaannya Enfield Otomotif membangun mobil listrik 2 seat yang diberi nama seperti nama perusahaannya Enfield 8000.


Keluar pertama tahun 1973, Enfield 8000 menjadi bahan tertawaan warga Inggris. Mobil ini lahir mendahului jaman, sehingga apa yang ditawarkan Enfield 8000 sangat terbatas. Tenaga motor listriknya hanya 8 hp yang disuplai dari baterai lead-acid, kecepatannya juga tidak seperti mobil kebanyakan maksimal hanya 77 km/jam.

Untuk mengurangi beban, Enfield 8000 dibangun dengan chasis tubular dan panel bodi dari aluminium. Untuk suspensi dipasok dari Hillman Imp, poros roda belakang mengadopsi Reliant beroda tiga dan desain pintu meniru mobil Mini.



Enfield 8000 diproduksi di Isle of Wight Inggris. Saat itu baru diproduksi sebanyak 120 unit yang digunakan oleh electricity Council dan electricity boards di selatan Inggris. Sang pemilik Giannis Goulandris ingin memboyong Enfild 8000 ke tanah airnya Yunani untuk digunakan secara legal namun tidak bisa terlaksana akibat belum adanya regulasi pajak atas mobil listrik. Padahal Giannis telah memindahkan produksi ke pulau Syros Yunani dan menyatukan perusahaanya dengan perusahaan Giannis yang ada di Yunani,  Amira menjadi nam baru Enfield - Amira. Amira Enfield telah memproduksi 100 unit, akhirnya Enfield 8000 hanya digunakan untuk mobil sewaan di kepulauan Yunani. 



Enfield 8000 sebenarnya mobil yang sangat cantik pada jamannya. lihat penampilan Enfield warna hijau produksi tahun 1976, nampak begitu bersahaja diantara mobil modern lainnya. Tampilan grill depan sepintas mirip karimun kotak dengan lampu kotaknya. Dibagian belakang lampu rem didesainnya sebaliknya bulat kecil menjadikan mobil ini terlihat manis.

Jumlahnya yang terbatas menjadikan Enfield 8000 menjadi mobil klasik yang sangat berharga



Tidak ada komentar:

Posting Komentar