Jumat, 28 November 2014

Buick-8, mobil pertama presinden pertama Soekarno


Sebagai coretan pertama sekaligus perkenalan perdana blog mobil motor classic adalah mobil bersejarah Buick-8 yang merupakan mobil pertama dari presiden pertama Indonesia.


Karena negara ini didirikan saat berkecambuk perang tidak mudah untuk mendapatkan mobil untuk presiden Indonesia. Sudiro, ketua Barisan Banteng memilih mobil ini secara kebetulan dan didapatkan dengan meminta kepada yang punya. 

Saat itu Buick-8 ini diyakini sebagai mobil dengan kondisi terbaik di Jakarta sehingga ketika Sudiro menemukan di belakang kantor Departemen Perhubungan Masa Pendudukan Jepang (Sekarang kantor Direktorat Jendral Perhubungan Laut, Jalan Merdeka Timur, Jakarta) langsung mendekati sopirnya dan membujuknya pulang ke kampungnya di Kebumen, meminta kunci dan mempersembahkannya kepada Presiden Soekarno, sebagai kendaraan yang dirasa pantas untuk dinasnya sebagai Presiden dengan nomor polisi Rep-1.



Buick-8 bukanlah mobil sembarangan, ada selembar kaca yang memisahkan penumpangnya dengan pengemudi yang dapat dibuka dengan sebuah tuas yang diputar. Mobil ini adalah mobil type Limited-8, mobil utama Buick yang dikeluarkan pada 1939 dengan kapasitas 320 ci atau 5247 cc. Dengan mesin 4 tak 8 silinder dan 2 katup pada setiap silindernya merupakan mobil yang terbilang modern pada masanya. Apalagi seri ini hanya diproduksi sebanyak 1451 unit oleh Buick.

Mobil berplat REP-1 ini memiliki kompresi 6:35:1 dengan power sebesar 141 hp pada rpm 3600. Jangan dibandingin dengan mobil jaman sekarang, cukup mumpuni dijamannya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar