Sabtu, 21 Maret 2015

Citroen BX 16 RS 1987


Nama Citroen memang bukan merek beken di Indonesia, namun bukan berarti tidak ada penggemarnya di Indonesia. Sebagai pabrikan asal eropa tepatnya Prancis Citroen juga menyandang merek yang bergengsi seperti halnya pabrikan eropa lainnya.


Salah satu seri Citroen yang menjadi favorit adalah BX series yang mulai diproduksi tahun 1982 hingga akhirnya distop produksinya pada tahun 1994. Sepanjang 12 tahun beredar Citroen telah memproduksi 2,3 juta unit BX series. Tidak heran jika BX menjadi legenda buat Citroen.

Apalagi BX series pernah berpartisipasi dalam WRC walaupun tidak terlalu sukses. Soal spare part walaupun mobilnya sudah langka di jalanan tidak perlu kawatir karena BX series ini memiliki platform sama dengan beberapa model mobil milik Peugeot.



Saat  Automodfest tahun lalu di Ancol salah satu yang mencuri perhatian pengunjung adalah keberadaan Citroen BX seri yang termasuk langka yaitu Citroen BX 16 RS ‎lansiran tahun 1987 yang konon cuma ada 4 di Indonesia bahkan juga cuma itu di Asean.

Hebatnya kondisi mobil semua masih perawan kecuali jog yang sudah diganti karena sobek. Bertransmisi otomatis mobil ini langganan juara modifikasi di berbagai event.



Bermain di kelas hatchback lima pintu Citroen BX 16 RS termasuk memiliki performa yang mumpuni pada jamannya. Citroen BX 16 RS dipersenjatai mesin Line-s berkapasitas 1.580cca yang mampu memproduksi tenaga 93 horse power (HP). Kemampuan berakselerasi dari diam hingga 100km/jam dicapai dalam waktu 13 detik dan sanggup menembus kecepatan maksimum 170 km/jam. 

sumber : otomotif.liputan6.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar