Jumat, 23 September 2016

Datsun 260Z (Fairlady) 1978


Setelah tidur panjang Datsun mulai lagi berpetualang di dunia otomotif beberapa tahun terakhir. Dimasa lalu Datsun sudah menjadi merek yang kondang di berbagai belahan dunia. Salah satu yang menjadi legenda adalah Datsun Z.

Sejak dikenalkan pertama kali tahun 1969, Datsun Z langsung sukses dipasaran. Mobil sport asal Jepang ini merupakan mobil dari Jepang satu satunya yang berani beradu dengan mobil sport yang saat itu dikuasai oleh merek asal eropa.  
Liat saja bodynya yang sangat eksotis tak kalah dengan desain eropa. Selain itu Datsun Z dikenal memiliki mesin hadal dan pengendalian yang mantap. Satu lagi yang menjadi kelebihan mobil Jepang Datsun Z memiliki bandrol yang ramah di kantong.

Kesuksesan yang diraih membuat mobil ini menjadi buruan kolektor mobil didunia. Salah satu kolektor yang menyimpan mobil ini baru baru ini mengeluarkan simpanannya sebuah Datsun 260Z keluaran tahun 1978. 
Di Jepang, Datsun 260Z dijual dengan merek Nissan Fairlady Z atau di pasar global dikenal sebagai Nissan S30. Model 260Z keluar pertama tahun 1974 yang merupakan generasi penerus dari seri 240Z. Datsun 260Z mengandalkan mesin 2,6 liter berkekuatan 167 PS yang didistribusikan ke roda menggunakan transmisi 4 manual dan 3 kecepatan.
Mobil yang dibeli oleh pemilik pertamanya di bulan Maret 1978 ini merupakan generasi terakhir seri 260Z sebelum digantikan oleh seri selanjutnya 280Z yang mulai dijual tahun1975. Sebatnya Datsun 260Z ini masih memiliki jarak tempuh yang relatif pendek untuk umur mobil yang lebih dari 2 dekade, cuma 13 ribu km.
Tidak heran jika kondisi body maupun mesin dalam kondisi prima dan masih orisinil. Rencananya mobil sport ini akan dilelang oleh Classic Car Auctions pada event September Sale, di Warwickshire Exhibiton Centre, Inggris, tanggal 24 September 2016.

sumber : ascomaxx.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar