Minggu, 22 Februari 2015

Honda C70 1979, Aliran Street cub


Si Pitung alias Honda C70 memang telah menjadi legenda roda dua di tanah air. Walaupun sudah uzur masih banyak yang pengen meminang dan mengotak atik dengan berbagai aliran. Bahkan saking tenarnya Honda memproduksinya kembali dalam bentuk retro klasik. 

Salah satu yang demen dengan C70 ini adalah Kamal Firhad pemilik bengkel Safari Motor. Sebagai pemilik bengkel dia paham bener bagaimana memodifikasi dengan konsep yang jelas dalam mempermak motor vintage biar tak salah 'kosmetik'. 
Sudah tau mau seperti apa wujud Honda C70 lansiran 1979 ini. Alhasil, C70 diutak-atik dengan aliran Street cub, yang juga pernah menjadi trend di Jepang. Tentu saja pengerjaannya dilakukan di bengkelnya sendiri Safari Motor. Bengkel tersebut berada di Jl. Raden Saleh No. 10, Karang Mulya - Ciledug, Tangerang. 
Tampilan wajah memang menjadi aura tersendiri. Lampu utama ditanggalkan dan diganti dengan lampu variasi. Bagian setang turut menjadi bidikannya. Di sektor ini motornya ditambahi handle rem, grip, dan tempat ponsel, Bike Colony dengan aksesori sepeda. Tujuannya agar bagian ini tidak terlihat kosong melompong.

Agar kesan klasik tak hilang, dipilih warna yang teduh dominan. Cat diaduk agar pas warnanya dengan polesan pernish sikens agar cat terlihat lebih kinclong, tidak buram. Streetcub versi Kamal memakai jok tunggal plat 2 mm dan panjang 35 cm dengan ketinggian jok mencapai 4 cm. Selain itu, agar makin serasi, bagian samping diperindah dengan tas samping soleil. 
 Dengan konsep Street cub, C70 terlihat lebih sulit. Misalnya pemasangan pelek yang lebih berukuran 2,5 inci. Menyematkannya di bagian kaki-kaki tidak semudah membalik telapak tangan, perlu pengerjaan presisi. Pasalnya, pelek bawaan pabrik minimalisn alias kecil.
Kamal pun mengambil langkah pengerjaan memperlebar fork depan menjadi 14,5 cm, laku rangka belakang dipotong 35 cm, serta memelarkan buntuk jadi 12 cm, hingga lengan ayun melebar menjadi 22 cm. Kaki-kaki yang lebih gemuk tentu harus diimbangi dengan racikan dapur pacu, biar tenaga si kuda besi lawas tidak ikutan renta. Kamal lantas mencomot piston lebih besar milik Honda grand.
Terakhir, pada sisi buritan, lampu utama yang klasik diganti dengan lampu variasi. Dari sisi ini, jelas membuat modifikasi C70 ala Kamal makin terlihat beda. 

Berikut ini spesifikasi yang dipakai :
Knalpot : Suzuki FR800
Tromol belakang : Honda GL
Karburator : Honda Supra Original
Piston : Honda Grand
Pelek : TK Racing 2,50/17
Ban : Swallow 120/80-17
Sok belakang : RX king
Swing Arm : Honda GL Custom
Tas samping : Soleil
Jok : Custom
Box Accu : Custom Plat
Handgrip : Schwin America
Handle rem : Radius Sepeda
Lampu depan : Variasi
Tempat Hp : Bike Colony
sumber : otosia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar