Selasa, 27 Januari 2015

BSA C11 1955


Sesuai namanya  Birmingham Small Arms Company (BSA) adalah adalah perusahaan pembuat peralatan perang untuk angkatan darat di Inggris sejak tahun  1863. Baru pada tahun 1880 BSA mulai membuat alat transportasi sederhana roda dua yang masih dipancal alias sepeda. Kemudian BSA mencoba coba membuat motor pada tahun 1905.


BSA masuk Indonesia seiring dengan mulai masuknya tentara NICA di tanah air. Daerah yang dikenal mempunyai banyak BSA yang lalu lalang dijalan adalah Pematang Siantar. Orang sana banyak berburu BSA di tanah Jawa untuk dijadikan becak motor di kota mereka.




Salah satu seri yang masih bertahan adalah BSA C11 yang merupakan suksesor C10 yang menjadi bintang perang dunia kedua, diproduksi antara tahun 1939-1956. Bahkan seorang aktor terkenal  Steve McQueen tercatat memiliki BSA C11 keluaran tahun 1951. BSA C11 ini kemudian diteruskan oleh BSA C12 pada tahun 1956 masih dengan mesin yang sama 249cc overhead valve engine.

Memiliki BSA adalah kebanggaan sekaligus tantangan, apalagi dengan kondisi minim sparepart. Demi memudahkan perawatan biasanya untuk sistim pengapiannya diganti menggunakan CDI dan Magnit electrical yang bisa diambil dari motor China.

Dengan perawatan yang baik BSA bisa tampil cantik khan.....





Tidak ada komentar:

Posting Komentar